Skip to content
September 6, 2018 / anisahnurfajarwati

Rujak Cingur Jalan Dhoho Kediri

Hari ini karena malas masak, akhirnya mutusin beli rujak cingur legend di emperan Aries Motor Jalan Dhoho. Kenapa legend? Karena si Mbah penjual rujak sudah berjualan sejak tahun 1968 jadi sudah 50 tahun😲😲😲. Ibarat bangunan, sudah pasti harus dilestarikan keberadaannya. Saya yakin hampir semua warga Kota Kediri tahu rujak cingur ini😎. Lumayan sering juga sih beli disitu, tapi baru kali ini kepo nanya-nanya 🤭🤭🤭.

20180905_111536.jpg

Jadi begini ceritanya (sayang tadi lupa nanya namanya), Si Mbah hijrah ke Kediri tahun 1968. Beliau belajar meracik rujak dari tetangganya. Setelah merasa cukup dalam menimba ilmu, beliau memutuskan untuk jualan sendiri. Si Mbah berjualan rujak dengan cara dipanggul dan berjalan keliling kota selama 15 tahun. Nah Nyonya pemilik Aries Motor adalah salah satu pelanggan setianya. Nyonya itulah yang menawarkan emperan tokonya untuk digunakan sebagai lapak rujak cingur si Mbah. Nah, sejak saat itu si Mbah menetap dan tidak perlu berjualan keliling.

Si Mbah berjualan setiap hari asalkan tubuhnya sehat, begitu katanya. Bumbu rujaknya standar, yaitu terdiri dari: bawanh putih goreng, cabe (sesuai selera pembeli), trasi, garam, pisang kluthuk, kacang tanah, gula merah, petis dan sedikit air. Untuk isiannya banyak banget, tentu ada cingur, lontong, tahu, tempe, timun, belimbing, nanas, bengkuang, kangkung dan kecambah. Secara detail, bisa dilihat di videoanya yes. Satu porsi rujak dihargai 15.000 rupiah plus krupuk uyel satu pak seharga 2.000 rupiah 🤑, harga yang cukup murah dengan cita rasa tak telupakan 😋😋😋. Si mbah mulai buka sekitar jam 9 pagi sampai 2 siang.

20180905_112045.jpg

Kalau mau makan di tempat tentu saja bisa. Si Mbah menyediakan kursi plastik dan air mineral gelasan. Selama ini gak pernah makan di tempat sih, selalu dibawa pulang. Tapi kapan-kapan bolehlah dicoba (nunggu kalo males masak lagi🤣). Hayokkk tebak, kira-kira berapa umur Si Mbah?? terlihat tidak terlalu tua sih 🙄🤔🤔Semoga sehat selalu ya Mbah…☺. Berikut saya cantumkan videonya, sorry goyang-goyang 🤭

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: